You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sikalang
Desa Sikalang

Kec. Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat

Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintah Desa Sikalang l Informasi Desa adalah Hak Masyarakat – UU RI No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi

POSYANDU

Admin 13 Februari 2020 Dibaca 744 Kali
POSYANDU

Jakarta, 25 November 2019

Prestasi membanggakan Kembali diraih oleh Desa Sikalang Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto sebagai Terbaik I Tingkat Nasional di ajang Posyandu Inovatif Program Inovasi Desa Tahun 2019 yang diadakan Oleh Kementrian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, yaitu Posyandu Tunas Harapan Desa Sikalang yang mengalahkan beberapa Provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu Walikota Sawahlunto juga mendapatkan Penghargaan atas dukungannya dalam pelaksanaan Inovasi Desa yang ada di Kota Sawahlunto.

Dalam wawancara singkat Bersama Kepala Desa Sikalang Edi Narwin Daulay ada 30 Program Inovasi yang  diusung oleh Posyandu Tunas Harapan “Dari 30 Program Inovasi yang diusung, yang menjadi Unggulan Posyandu Tunas Harapan adalah Bhabin Shuttle ( Babinkamtibmas Antar Jeput ) yang dilakukan oleh Babin Bribtu Harmade Putra. Kegiatan ini merupakan program Babinkamtibmas guna mendukung dan meningkatkan jumlah warga yang ikut Posyandu.Adapun pelaksanaan bhabin  shuttle dengan cara pelaksanaa Posyandu Babinkamtibmas mendata warga yang  belum datang ke Posyandu kemudian menjemput dan mengantar kembali ke rumah nya.Babinkamtibmas selalu siap jika di telefon oleh warga yang membutuhkan dan ini juga berguna bagi warga yang tidak mempunyai transportasi menuju tempat  pelaksanaan ataupun tempat tinggalnya yang jauh dari tempat pelaksanaa Posyandu”

Selain itu Walikota Sawahlunto Deri Asta,SH Mengatakan bahwa kemenangan yang di raih oleh Posyandu Desa Sikalang dapat memotivasi Posyandu lain yang ada di sawahlunto untuk lebih baik dalam peningkatan pelayanan Posyandu Guna Memberantas Stunting.

Berikut adalah kegiatan Inovatif yang diusung oleh Posyandu Tunas Harapan Desa Sikalang:

1.PEBUKI (Peduli Buku KIA )

      Tujuan PEBUKI ini agar ibu-ibu orang tua sasaran lebih menjaga     buku KIA, karena    

      bisa jadi beberapa tahun ke depan Pemerintah menerapkan peraturan salah     satu     

      syarat untuk anak masuk Sekolah buku KIA. Sekedar menjaga dan memiliki buku KIA  

      saja tidak cukup tanpa ada data imunisasi dasar lengkap dan  hasil       penimbangan   

      setiap bulannya. Agar data itu terisi tentunya dengan datang ke Posyandu. Setiap jam    

      buka Posyandu Balita.

2.Toa Keliling Kepala Dusun

      Tujuan kegiatan ini untuk mengumumkan kepada sasaran agar datang ke Posyandu. 

      Kegiatan ini dilakukan pagi sebelum jam buka Posyandu. Kegiatan ini dilakukan oleh

      Kepala Dusun di masing-masing wilayah.

3.Pengolahan TOGA

      Kegiatan ini  bertujuan dalam rangka mempraktekkan pengolahan    TOGA   sebagai 

      obat herbal kepada orang tua sasaran. Sehingga     orang tua      sasaran        dapat 

      memproduksi olahan TOGA.Adapun olahan TOGA yang di produksi Kader Posyandu

      adalah Jahe Instan,Bandrek Instan,Mengkudu Instan,Jambu Biji Merah     

      Instan,Mahkota Dewa Instan,Kunir Asam Instan dan Beras Kencur Instan.

4.Pembuatan Sabun Cair

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan keterampilan kepada ibu-ibu sasaran Posyandu,Agar para ibu-ibu sasaran dapat menambah pendapatan keluarga kalau    di tindak lanjuti.

5.Kunjungan Dokter Spesialis Saat Posyandu

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran ibu-ibu sasaran untuk lebihperhatian terhadap kesehatan anak-anaknya karena ibu sasaran juga dapat memeriksakan kesehatan balita dan ibu-ibu tidak cemas membawa anak-anaknya ke Posyandu walaupun dalam keadaan kurang sehat,sekaligus untuk melakukan general chek up bagi sasaran.

6.Pijat Bayi

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kwalitas tidur bayi dan dapat meningkatkan badan bayi yang dilakukan oleh kader posyandu terlatih dan di bantu oleh PWS terlatih juga.

7.Iva Test

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kanker serviks secara dini,terutama orang tua sasaran dan masyarakat lainnya.Kegiatan Iva Test ini di lakukan kerja sama Posyandu Tunas Harapan dengan Pustu Sikalang.

8.THTS ( Tiada Hari Tampa Silahturahmi ) Babinkamtibmas

Tujuan kegiatan ini adalah jurus ampuh seseorang Babinkamtibmas guna untuk menjalin hubungan emosional dengan cara silahturahmi dengan tokoh  masyarakat ,tokoh agama ,tokoh adat dan semua unsur lapisan masyarakat yang  mempunyai andil di tengah-tengah masyarakat serta mewujudkan masyarakat yang sadar hukum dan tanggap terhadap apapun kejadian yang ada di Desa Sikalang dan juga kegiatan ini membantu dalam hal pelaksanaan Posyandu di Desa Sikalang dengan cara memberikan informasi kepada tokoh masyarakat ,tokoh agama ,tokoh adat dan semua unsur lapisan masyarakat agar mengajak saudara dan keluarga nya untuk datang ke Posyandu .Dalam hal ini Babinkamtibmas juga memberikan informasi yang di dapat dari kader posyandu tentang pentingnya Posyandu bagi anak dan keluarga.

9.DDS ( Door To Door Sistim ) Babinkamtibmas

Tujuan Gerakan ini adalah kegiatan Babinkamtibmas Desa Sikalang dengan cara   menyambangi warga  Desa Sikalang ke rumah masing-masing dan mendata jumlah warga yang ada di  rumah tersebut serta mendengar keluh kesah masyarakat serta   mendata warga yang anaknya wajib mengikuti Posyandu serta memberikan informasi tentang hari pelaksanaan Posyandu dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penting nya Posyandu.

10.Bhabin Shuttle ( Babinkamtibmas Antar Jeput )

Kegiatan ini merupakan program Babinkamtibmas guna mendukung dan meningkatkan jumlah warga yang ikut Posyandu.Adapun pelaksanaan bhabin  shuttle dengan cara pelaksanaa Posyandu Babinkamtibmas mendata warga yang  belum datang ke Posyandu kemudian menjemput dan mengantar kembali ke rumah nya.Babinkamtibmas selalu siap jika di telefon oleh warga yang membutuhkan dan ini juga berguna bagi warga yang tidak mempunyai transportasi menuju tempat  pelaksanaan ataupun tempat tinggalnya yang jauh dari tempat pelaksanaa Posyandu

11.Pojok Pekancatin

Pojok Pakancatin ini adalah Pojok Penyuluhan Pernikahan bagi calon pengantin yang ada di Desa Sikalang yang di lakukan oleh KUA Kecamatan Talawi dengan kerja sama MOU yang di lakukan antara Posyandu Tunas Harapan dengan KUA Kecamatan Talawi  

12.Pembagian  Wilayah Sasaran

Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan kader dalam membagikan undangan 

Posyandu dan sweping serta masing-masing Kader memiliki tanggung jawab wilayah sasaran

13.Pembuatan Cendol Ikan Lele

Tujuan gerakan ini adalah untuk meningkatkan minat sasaran agar gemar makan ikan serta salah satu Altematif untuk menambah usaha / ekonomi rumah tangga bagi ibu-ibu sasaran dan masyarakat di Desa Sikalang.

 

14.Tim Peduli Ibu Hamil

Kegiatan ini bertujuan agar ibu-ibu hamil selalu memeriksa kesehatan nya ke fasilitas kesehatan  terutama posyandu,Pustu,dan Puskesmas yang di lakukan oleh Tim khusus yang di bentuk dan di SK kan oleh Kepala Desa.

15.Pembuatan Minuman Segar Bunga Lidah Buaya

Bertujuan untuk menggerakkan ibu-ibu sasaran untuk membudidayakan bunga lidah buaya karena bunga lidah buaya sangat banyak manfaat nya untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.

16.Memberikan Piagam Penghargaan

Piagam pengahargaan ini diberikan kepada sasaran yang memiliki buku KIA yang mendapatkan imunisasi dasar lengkap serta penimbangan setiap bulannya selama masa Posyandu Balita, Piagam ini dikeluarkan langsung oleh Kepala Desa Sikalang

17.Memberikan Hadiah Ulang Tahun

Tujuan kegiatan ini utnuk menimbulkan rasa senang sasarn datang ke Posyandu kerena menerima kado Ulang Tahun, dan sebagai motivasi untuk sasaran yang lain untuk datang ke Posyandu.

18.Memberikan Hadiah Sasaran Posyandu

Bertujuan untuk meningkatkan semangat sasaran datang  ke Posyandu dan menjadikan motivasi untuk sasaran yang tidak datang ke Posyandu

19.Arisan Sasaran

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antar orang tua, sasaran dan meningkatkan semangat orang tua sasaran untuk datang ke Posyandu

20.Senam Balita

Senam balita ini di koordinir oleh PAUD bertujuan untuk melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh juga membantu perkembangan motorik anak didik PAUD

21.Kelas Ibu Hamil

Tujuan kegiatan ini bertujuan agar ibu-ibu hamil dapat bertukar fikiran tentang permasalahan yang   dihadapi selama kehamilan. dan meningatkan pengetahuan ibu hamil tentang kehamilan,   persalinan masa nifas dan perawatan bayi baru lahir.

22.Kelas Ibu Balita

Tujuan kegiatan ini bertujuan agar ibu mendapatkan informasi dan saling bertukar informasi    mengenai tumbuh kembang, imunisasi, gizi, perawatan bayi dan balita serta penyakit yang sering  pada bayi dan balita.

23.Pojok Baca

Tujuan pojok baca ini untuk meningkatkan minat baca bagi orang tua sasaran dan menambah ilmu pengetahuan orang tua sasaran, dan buku-buku bergambar akan membuat daya tarik untuk sasaran sehingga kelak akan menjadikan mereka gemar membaca.

24.Paket Kantung Peduli Ibu Hamil

Tujuan kantung peduli ibu hamil ini adalah memudahkan Bidan mengetahui siapa saja yang akan  bersalin bulan tersebut.

25.Kerajinan Daur Ulang Sampah

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ibu-ibu sasaran   bahwasanya tidak semua sampah itu menjadi barang yang tidak berguna tetapi dapat di manfaatkan menjadi barang yang berguna dan mempunyai nilai seni serta bernilai ekonomis.

26.Pengomposan Sampah Organik

Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan sampah-sampah menjadi hal yang bermanfaat serta dapat di gunakan sebagai media tanam untuk tanaman       toga,sayuran dan dapur hidup yang ada di Posyandu.

   

27.Pojok Asi

Pojok Asi ini bertujuan untuk memfasilitasi dan menyediakan ruang dan tempat    bagi ibu-ibu menyusui sasaran selama mengikuti kegiatan Posyandu

28.Pemantauan Ibu Hamil

Tujuan kegiatan  ini adalah untuk supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan   

selama  kehamilan.

29.Senam 5 Jari Sehat

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu melemaskan otot jari dan tangan yang kaku membuat jari lebih kuat .Kegiatan ini di pandu oleh Kader terlatih dan di dampingi oleh PWS.